Jelajah Makna Kata MIMPI, Part 1

mimpi
illustrasi

Mimpi. Kosa kata yang demikian populer akhir-akhir ini. Sesuatu yang konon penting untuk dimiliki dan dijaga di hati agar harapan kita tentang hidup tidak pupus. Anda setuju?

Mimpi mungkin istilah yang kemudian digunakan agar “sesuatu” atau apa yang ada dalam hati dan pikiran dapat menjadi lentera atau cahaya yang membimbing kita untuk terus hidup tanpa putus asa.

Mimpi mungkin istilah yang mudah dan menarik untuk digunakan dibandingkan kosakata: asa, harapan, cita-cita… kosakata yang terasa jadul (jaman dulu, pen.).

Sehingga terkadang para motivator atau penulis buku-buku self help, mengingatkan “jangan mimpi di siang bolong” (jangan mimpi kosong tanpa upaya untuk mewujudkannya, pen.)

MIMPI adalah salah satu channel yang digunakan Freud untuk melakukan analisa bawah sadar. Namun mimpi Freud berbeda dengan mimpi yang di-jargon-kan para motivator.

Mimpi. Apapun makna yang Anda selami. Adalah kosakata indah yang dapat mewakili apa yang kita rasakan, inginkan, harapkan, cita-citakan.

Berarti mimpi telah mengalami pergeseran makna (betul ngga, ya?), karena mimpi; bermimpi; pemimpi; memimpikan; termimpi-mimpi; mimpian; dan pemimpi; tidak sedikitpun memiliki makna yang “memotivasi”.

Ataaau… justru karena mimpi memiliki makna “sesuatu yang tidak masuk akal” maka digunakan dalam dunia motivasi untuk menunjukkan betapa kita sebagai manusia biasa adalah luar biasa, karena bisa mewujudkan sesuatu yang “mungkin” kita yakini tidak akan tercapai, namun dapat tercapai…

Selamat bermimpi!

Related Post